Resume penulisan hasil skripsi mahasiswa iain pontianak di perpustaka iain
NILAI-NILAI PENDIDDIKAN ISLAM
DALAM NOVEL BULAN TERBELAH DILANGIT AMERIKA
KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGGA ALMAHENDRA:RELEVANSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PENDIDIKAN ISLAM
SKRIPSI
OLEH
NENI NUR'AINI
1131110251
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PONTIANAK TAHUN 2017/1438 H.
2. LEMBAR MOTO
"Maka nikmat tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan"
3. ABSTRAK
NENI NUR'AINI.Nilai-nilai pendidiakan islam novel bulan terbelah dilangit amerika karya hanum salsabiela rais dan rangga almahendra relevansinya sebagai sumber belajar dalam pendidikan agama islam negeri (IAIN) pontianak 2017
Pendidikan bisa di dapatkan melalui pendidikan formal maupun di luar pendidikan formal,media penyampaian ilmu pendidikan diluar pendidikan formal bisa didapatkan melalui novel,tujuan penelitian untuk mengetahuhi: 1) unsur ekstrinsik pada novel bulan terbelah di langit amerika karya,hanum salsabiela rais dan rangga almahendra.2) unsur intrinsik pada novel bulan terbelah di langit amerika karya hanum salsabiela rais dan rangga almahendra .3) memgetahmen nilai-nilai pendidikan islam dalam novel bulan terbelah dilangit amerika karya hanum salsabiela rais dan rangga almahendra.4) mengetahuhi relevansi novel bulan terbelah dilangit amerika karya hanum salsabiela rais dan rangga almahendra sebagai sumber belajar dalam pendiddikan agama islam.
Berdasarkan analisis di atas penelitian menyimpulkan bahwa: hanum salsabiela rais dan rangga almahendra adalah suami istri yang menyunguh kan karyanya berupa novel berdasarkan pengalaman- pengalaman mereka saat berada di eropa. Empat nilai pendiddikan islam,yakni nilai aqidah,nilai ibadah,nilai mu'amalah,nilai akhlak.
4. DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
BAB 1 PENDAHULAN
A. Latar belakang
B. Fokus dalam rumusan masalah
C. tujuan penelitian
D. Manfaat penelitian
BAB 2 NOVEL DAN NILAI-NILAI PEDIDIKAN AGAMA ISLAM
A. Penelitian terlebih dahulu
B. Gambaran umum tentang novel
1. Pegertian novel
2. Unsur-unsur novel
3. Gambaran umum novel bulan terbelah dilangit amerika
C. Novel sebagai sumber belajar pendidikan agama islam
1. Dasar pendidikan islam
2. Tujuan pendiddikan
3. Sumber pendiddikan islam
4. Novel sebagai sumber belajar pendidikan islam
D. Nilai pendidikan islam dalam novel
1. Nilai aqidah
2. Nilai ibadah
3. Nilai mu'amalah
4. Nilai akhlak
BAB 3 METODE PENELITIAN
A. Jenis pelanggaran
B. lokasi dan waktu
C. Sumber daya penelitian
D. Teknis dan alat pengumpulan data
E. Teknis analisis
BAB 4 NILAI-NILAI PENDIDIKAN SILAM DALAM NOVEL BULAN TERBELAH DILANGIT AMERIKA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN ALMHENDRA RELEVASINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN ISLAM
A. Unsur ekstrinsik novel bulan terbelah dilangit amerika
1. Biografi penulis
2. LaLar belakang penulisan novel
3. Karya-karya hanum dan rangga
B. unsur intrinsik novel bulan terbelah dilangit amerika
C. Analisis nilai- nilai pendiddikan islam dalam novel bulan terbelah dilangit amerika
1. Nilai aqidah
2. Nilai ibadah
3. Nilai mu'amalah
4. Nilai akhlak
D. Relevansi novel bulan terbelah dilangit amerika sebagai sumber belajar pendidikan islam
BAB 5 PENUTUP
A. Simpulan
B. Pesan
Daftar pusaka
Kutipan
1. Menurut susiba(2014-2004)aqidah adalah apa yang di yakini oleh seseorang yang tidak ada keraguan pada keyakinanya tersebut.
2. Menurut utari aryani ialah segala aturan agama yang mengstur hubungan antara sesama manusia,antara manusia dengan kehidupanya,dan antara manusia dengan alam sekitarnya secara sederhana mu'amalah bisa bermakna hubungan sosial antara sesama manusia(utari aryani 2006:9).
3. Menurut E kosasih(2012:71)gaya bahasa berfungsi untuk menciptakan suatu nada atau suasana persuasif serta merumuskan dialog yang mampu mperlihatkan hubungan dan interaksi antar sesama tokoh.
4. Menurut burhan Nugiyantoro(2015:213)berdasarkan kreteria waktu terdapat tiga macam yakni.
a) plot lurus,perogersip adalah secara runtut cerita di mulai dari awal tengah dan akhir.
b) plot sorot balik,flash back adalah cerita tidak di mulai dari tahap awal kemungkinan dari tahap tengag atau bahkan tahap akhir,baru kemudian tahap awal cerita di kisahkan.
c) plot campuran adalah secara garis besar pelot sebuah novel mungkin progrisif,tetapi di dalam nya betapa pun kadar kejadiaanya sering terdapat adegan-adegan sorot balik.
5. Menurut nuraeni(2013:11) nilai-nilai pendidikan islam merupakan suatu perasaan-perasaan atau perangkat keyakinan yang di yakini oleh masyarakat sebagai suatu yang harue³s di jalankan dan merubah pola fikir serta tingkah laku mereka dalam proses memberikan serta mengarahkan perkembangan jasmani dan rohani manusia.
6. Nilai-nilai pendiddikan isapam adalah nilai-nilai yang di bangun berdasarkan ajaran islam yang di jadikan sebagai landasan etis,moral dan oprasional pendidikan (sarjono.2015:136).
7. Aminudin dkk(2005:91)mengatakn bahwa muamalah bahwa aturan agama yang mengatur hubungan manusia dengan kehidupanya atau alam semesta.
8. Ketika cinta bertasbih karya habiburah EL shirazy yang di teliti oleh hermaniah(2010:6-81)di fakultas tarbiyah,pendidikan agama islam STAIN pontianak.
9. Seperti hanya unsur intrinsik,unsur ekstrinsik juga terdiri dari sejumlah unsur antara lain yaitu biografi penulis,latar belakang terbitnya novel dan karya-karya yang penulis(mufidah 2011:1).
10. Nilai afalah segala sesuatu yang di lakukan manusia dalam menuhi atau muaskan sifat yang sangat pentig(nasir.2016:4).
Daftar pusaka
1. Susiba 2014.pentingnya pendidikan akidah umtuk menunjang realisasi kurikulum 2013.jurnal pontensia vol 13 edisi 2 juli-desember 2014.
2. Utari aryani 2016. Nilai-nilai keislaman dalam sinteron terlevisi sakinah bersamamu jurnal.
3. E kosasih 2012. Dasar-dasar keterampilan bersastra bandung:yra widya
4. Burhan nurgiyanNug.2015 teori pengkajian fiksi.yogyakarta:gajah madah universitas press.
5. Nurae'ni 2013. Nilai-nilai pendidikan agama islam (pai) dalam kegiatan kepramukaan di sekolah dasar islam terpadu(SDIT) al mumtaz tahun pelajaran 2013/2014.skripsi /iain pontianak.
6. Sarjono 2005. Nilai-nilai dasar pendidikan islam jurnal.vol.11. No. 2.
7. Aminudin dkk.2005. nilai-nilai pendidikan agama islam untuk perguruan tinggi bogor,ghalia Indonesia.
8. Hermaniah.2010. nilai-nilai pendidikan islam dalam novel ketika cinta bertasbih karya habiburahman El ahirazy.skripsi STAIN PONTIANAK.
9. Mufidah.2011 unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik novel di akses pada 7 februrari 2017 dari http//skp umair.ac.id/repository/guru indonesia indonesia unsur intrinsik EK.DRA no .I MUFIDAH M.PD.rp no
10. Nasir.2016 nilai-nilai pendiddikan dalam nyanyian rakyat ku saudara pada masyarakat mana.jurnal .vol.1.no 6.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar